Seminar Forum Komunikasi Pendidikan Tinggi – Teknologi Pertanian Indonesia (FKPT–TPI)

Forum Komunikasi Pendidikan Tinggi – Teknologi Pertanian Indonesia (FKPT–TPI) adalah wadah organisasi berskala nasional yang dibentuk untuk mewadahi institusi pendidikan tinggi yang berfokus pada keilmuan teknologi pertanian. FKPT–TPI beranggotakan seluruh Asosiasi Keilmuan di bidang Teknologi Pertanian, yaitu Asosiasi Profesi Teknologi Agroindustri (APTA), Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) dan Perhimpunan Teknik Pertanian Indonesia (PERTETA).

APTA, PATPI dan PERTETA adalah organisasi skala nasional yang masing-masing dibentuk untuk mewadahi program studi Teknologi Industri Pertanian, Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian dan Teknik Pertanian seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Salah satu peran ketiga asosiasi profesi ini adalah merancang kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang dapat dijadikan sebagai acuan bersama setiap perguruan tinggi, sekolah tinggi maupun akademi di bidang teknologi pertanian. Perancangan kurikulum tersebut bertujuan agar penyelenggara pendidikan tinggi di keilmuan terknologi pertanian dapat menghasilkan luaran yang berkualitas untuk mewujudkan pembangunan masyarakat.

Pertemuan tahunan FKPT-TPI bertujuan untuk menghimpun seluruh himpunan profesi asosiasi keilmuan di bidang teknologi pertanian yang ada, agar dapat secara sinergis menggiatkan peran masing-masing himpunan guna memajukan Pendidikan Tinggi di bidang Teknologi Pertanian secara bersama-sama.  Di setiap tahunnya, masing-masing himpunan profesi asosiasi keilmuan di bidang teknologi pertanian ini juga selalu mengadakan pertemuan tahunan secara sendiri-sendiri yang ditujukan untuk membahas rekomendasi pertemuan tahunan FKPT-TPI atau menyiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan tahuan FKPT-TPI tahun berikutnya.

Berikut leaflet-semnas-dan-lokakarya-fkpt-tpi-2016

No Comments yet, be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *